LATAR BELAKANG ANAK JALANAN

Share on :
Anak-anak adalah generasi penerus yang akan menjadi kekuatan bangsa Indonesia di masa depan. Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang memberikan pengaruh sangat besar bagi tumbuh kembangnya remaja. Dengan kata lain, secara ideal perkembangan remaja akan optimal apabila mereka bersama keluarganya. Tentu saja keluarga yang dimaksud adalah keluarga yang harmonis, sehingga remaja memperoleh berbagai jenis kebutuhan, seperti kebutuhan fisik-organis, sosial maupun psiko-sosial.
Jika kebutuhan ini tidak dapat terpenuhi secara layak, akan ada kecenderungan anak-anak berusaha untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Potensi inilah yang menyebabkan banyak bermunculan anak-anak jalan di kota besar pada umumnya.
Anak-anak jalanan merupakan salah satu masalah sosial, selain mengganggu ketertiban kota, mereka tidak seharusnya berada di jalan. Mereka semestinya dapat hidup layak seperti anak-anak pada umumnya. UUD 1945 telah mengatur bahwa, fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Permasalahan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga tanggung jawab kita sebagai warga negara Indonesia untuk Indonesia yang lebih baik, adil dan makmur.
Loading...